Rabu, 04 Maret 2009

Badai Matahari Diperkirakan Muncul 2011-2012

. Rabu, 04 Maret 2009


Badai matahari, suatu fenomena yang diperkirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012, tidaklah berakibat kiamat, kata Pakar Antariksa dari LAPAN, Dr thomas Djamaluddin.Tahun 2011-2012, diakui Djamal, di Jakarta, Selasa, adalah puncak aktivitas matahari yang mempunyai periode sekitar 11 tahun, jadi puncak aktivitas matahari pernah terjadi pada 1979, 1989, dan 2000.

Pada saat puncak aktivitas itu, bintik matahari meningkat jumlahnya akibat aktivitas magnetiknya dan mendadak berpengaruh terhadap ruang antar planet.

Pada saat-saat itu frekuensi kejadian lontaran partikel berenergi tinggi dan emisi gelombang elektromagnetik berupa percikannya juga meningkat. Namun menurut dia, badai matahari merupakan bagian dari cuaca di antariksa yang mirip dengan cuaca di bumi, hanya saja sifatnya berbeda.

Ia menjelaskan, badai matahari tidak berdampak langsung pada manusia, namun tetap berdampak pada benda-benda astronomi yang berada di sekitarnya.

Gangguan yang perlu dicermati menurut dia, hanya pada sistem teknologi yang ditempatkan di antariksa seperti satelit komunikasi dan navigasi serta sistem teknologi di bumi yang rentan terhadap induksi partikel energetik dari matahari yang masuk ke bumi lewat kutub.

Bila terjadi badai matahari potensi bahaya hanyalah kemungkinan rusaknya atau terganggunya satelit yang mengakibatkan antara lain gangguan telepon, siaran TV yang memanfaatkan satelit, serta jaringan ATM.

Selain itu, navigasi pada sistem penerima global positioning system (GPS) frekuensi tunggal dan siaran radio gelombang pendek juga bakal terganggu akibat adanya gangguan ionosfer.

25 komentar:

cha*uree mengatakan...

ngeri ya, bisa diprediksikan sama manusia

faris ! mengatakan...

ia bener tuh .
tapi ada juga loh yang bilang kalo misalnya 2012 itu tentang the new world order

이 Yo Seph Setiawan 용대 mengatakan...


Emang badai matahari bisa mengancam bumi... tapi aku pernah liat di National Geographic.... itu badai matahari yang menghantam bumi akan terhalangi reaksi magnet bumi yang bertepat di Kutub Utara + Kutub Selatan.... jadi ndak akan mengantam bumi.... Akibatnya Badai matahari akan terlihat seperti " AURORA " yang terlihat di Kutub UTara .... AUROra tu apa? cari aja di Google....
HEHEHE YO sepH Yong Dae :-)

felixdo mengatakan...

Menarik nih. Idenya di buat lebih extreme lewat film Knowing. But for me who is a believer, I guess there's some relation in some sort with the end of days, although it would probably takes more than just a "sun storm" to vanish the earth. At least the time is getting near.

So I guess we have to really treasure whats left and make our life more meaningful somehow. Yang blum merit mending buruan, soalnya kalo dah telat kan sedih juga...=P.

ganool mengatakan...

hm...semoga medan magnet bumi cukup kuat untuk membelokkan radiasinya..

semoga allah masih mau melidungi manusia..

Hidup Untuk Berbagi mengatakan...

ngeri banget ya ternyata

aloysius mengatakan...

maaf itu adik ku,semoga TUHAN memberkati kita semua AMIN

aloysius mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

takut. . .

sarah mengatakan...

ngeerrrriiii......

Anonim mengatakan...

mudah2an aja gg berakibat fatal....
dan jika benar2 ini akhir dari dunia...maybe ini sudah suratan tuhan...
GBU.....

Anonim mengatakan...

menjauhi larangannya dan menjalankan perintahnya,,,,itu adalah jalan terbaik untuk umat muslim !!!

azues mengatakan...

Maka... Segeralah bertaubat karena dunia sudah goyah !!!

Anonim mengatakan...

berpaculah pada kitab ALLah.... disana di tulis tidak terjadi kiamat sebelum YAHUDI MUSNAH.....

Anonim mengatakan...

siap-siap idup tanpa listrik. Belajar manual lagi... ga ada tlp, tv, radio, ATM... kapal terbang & kapal laut?... Apa lagi yg perlu dipersiapkan? belajar manual dari sekarang...:)

sunardin mengatakan...

ORANG PANDAI ADALAH ORANG YANG TAU DIRINYA AKAN MATI DAN MEMPERSIAPKAN DIRI MENUJU KEMATIAN(KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN)....(AL HADIS)

lya ken qu mengatakan...

semoga smua'a tetap baik-baik aja pada saat itu....

havidha mengatakan...

amin. ALLAH pasti jagain umatnya ;))

Anonim mengatakan...

;)) manusia hanya bisa melihat tanda-tanda akhir zaman,tetapi memastikan kpn terjadi kiamat hy tuhanlah yang tau...

Anonim mengatakan...

hanYa TuhaN yAng Tau....

Anonim mengatakan...

Semua ciptaan Tuhan itu baik dan diciptakan bagi kebaikan umat manusia. So sebagai umat yang percaya kita harus berpikir positif and optimis. GBU.

Anonim mengatakan...

siap² pada kegerahan deh, klo aq sih dah sedia antinya yaitu bakalan telanjang klo mo bobo

Anonim mengatakan...

:-O;))

Anonim mengatakan...

sangat menakutkan, membayangkan seluruh umat manusia dalam cengkaraman ketakutan, YA ALLAH berikan Rahmat Taubat bagiku dan umat-Mu agar senantiasa dalam Lindungan-MU

Anonim mengatakan...

jalani aja....manusia banyak2 berdoa,,ne juga kritikan kerass buat orang2 yang diatas alias pemerintah....coba y tu si tukang cukur hutan tu di tindak.....hutan kan yang bantu bumi tu untuk bertahan .....

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Serpihan Ilmu Blogger.com | Template by dieflash.com